Senin, 27 Juni 2011

Pembentukan karakteristik terhadap petani




Kunjungan ku di kampung tapos bersama telapak dan aqua(danone) dilakukan pada hari Sabtu 25 Juni 2011. Dari Telapak yg ikut adalah Rina, Gubernur Jabagbar Telapak dan Rita Koordinator Program Air. Dari Aqua Danone yg ikut adalah Pak Kustiawan dan Pak Arif dari CSR Danone Jakarta dan dua orang dari CSR Danone Cicurug.

Di kegiatan ini kita hanya mengantar orang aqua untuk bertemu ketua kelompok tani yang ada di tapos selain itu kita melihat sumber mata air yang keluar di bawah rumpun bambu hasil penghijauan masyarakat kampung Tapos.

Pada saat ngobrol bareng bersama pa Jaja (ketua kelompok tani) dan pa Arif (aqua). konsep kelompok tani yang di kelola pak Jaja (kelompok tani lindung harapan) mereka bukan hanya mengutamakan materi saja tapi mereka juga lebih kepada mensejahterakan masayarakat tapos khusus nya di lidung harapan. Kesadaran lingkungan nya sangat diterapkan di kelompok tani ini seperti melindungi mata air yang ada. dengan menanam pohon bambu yang ada disekitar mata air.

Selain itu menurut cerita pak Arif tentang kelompok tani yang ada di Cicurug. Cerita antara Cicurug (Pak Arif) dan Kelompok tani lindung harapan (Pak Jaja) sangat berebeda. Menurut ceritanya pak Arif. Konsep nya aqua di Cicurug itu lebih ke konservasi nya. Jadi perusahaan Danone Aqua memberi fasilitas seperti memberi pohon untuk ditanam di sekitar mata air. Selain itu untuk pemeliharaan pohon nya pun mesti mengeluarkan biaya terus menerus oleh aqua. menurut saya kepedulian terhadap lingkungan sangat kurang. Bebeda dengan kelompok tani lindung harapan..

Dari kedua cerita tersebut aku ingin Desa Tamansari menerapkan konsep lingkungan seperti terjadi di Tapos. Seperti apa yang di ceritakan oleh pak jaja. Karena pada dasarnya petani di Tamansari kurang perduli terhadap lingkungan. khususnya pada sumber mata air dan bahkan dalam praktek pertanian yg dilakukan sehari-hari. Mereka mau menanam bila harga jual mahal. Karena itulah aku ingin Tamansari ingin konsep nya seperti kelompok tani lindung harapan.

Tidak ada komentar: