Sabtu, 14 Mei 2011

Cikaniki anak Cisadane

Cikani adalah salah satu anak sungai Cisadane, beragam aktivitas masyarakat yang tinggal di bantaran Cikaniki, ada yang petani, Penambang, ada yang memanfaatkan Cikaniki sebagai MCK, ada yang memanfaatkan aliran sungai airnya sebagai pengairan empang atau kolam ikan, dan ada yang memanfaatkan sebagai tenaga pengerak gelundungan/mesin pengola emas.

Hulu Cikaniki ada di Gunung Halimun Salak, ada yang berasal dari curug macan salah satu curug mata air Cikaniki, ada yang dari mata air ciparempeng dan banyak anak sungai yang lainnya. Cikaniki sendiri kini amat malang nasibnya karna tak jauh dari hulunya di bantaran sungai ini ada nmanya Cigoha yang mana di Cigoha banyak sekali para pengelola tambang emas liar yang melakukan aktivitas nya di daerah itu. untuk nama tambang yang besar yang di kelolah pemerintah Kabupaten Bogor ini nama tambang itu sebenarnaya cukup terkenal di seluruh siantaro negara kita, karna perusahaan tambang ini milik BUMN yaitu Aneka tambang (ANTAM). perusahaan ini sebagian kecilnya mengelolah hasil tambang emas, nikel DLL. untuk Cikaniki sendiri nasibnya sekarang kalau musim kemarau yang mana kalau dulu sebelum ada perusahaan Tambang (ANTAM) air nya cukup jernih, tapi kini entah kemarau, entah musim penghujan Cikaniki air nya keruh. banyaknya aktivitas warga yang megelola emas secara ilegal membuat kejernihan Cikani kini terancam tak hanya penambang liar yang membuang limbahnya ke Cikaniki kemungkan besar limbah ANTAM juga pasti ada yang bocor dan mencemari sungai ini.

Apa yang harus kita lakukan kalau kita ingin mengembalikan Cikaniki seperti sedia kalla? Apa perlu kita menunggu para pemerintah bergerak tampa ada kegiatan yang mempuni di warganya sendiri? endak toh

maka dari itu ayo kita bersama-sama kita selamatkan Cikaniki kita, kalau kita berupaya menyelamatkan Cikaniki bukan tindak mungkin kita juga menyelamatkan Cisadane.

Cikaniki anaknya Cisadane. Cisadane adalah induk dari Cikaniki, lantas apa yang akan kita perbuat terhadap anak dan induk sungai yang ada di Jawa Barat ini?
Apa mungkin kita akan cari datanya atau mungkin kita akan jadi pelaku yang sama bersama-sama mencemari Cikaniki seperti penambang yang lain?

Lalu bagaimana kita kalau ingin mengenal Cikaniki dan Cisadane? cintai, rawat, pantau, lakukan atau aku singkat dengan kata (CRPL). Mungkin dengan cara ini kita bisa atau ada cara yang lain yang bisa menjelaskan padaku tentang apa yang harus aku lakukan kalau aku pengen tau, apa yang pantas dilakukan di sungai ini, tolong jawab kalau ada yang punya jawaban yang pas?

Pencemaran bukan berarti tidak bisa di hentikan kalau memang kita menghendaki pencemaran itu tak terulang. Jangan hanya menyalahkan pencemaran itu kalau memang kita ngak akan melakukan sesuatu yang berarti atas apa yang tercemar, Betul tidak.

nantikan tulisan tulisan berikutnya apa yang terjadi di Cikaniki dan Cisadane

Tidak ada komentar: