Sabtu, 14 Mei 2011

Siapa yg punya otoritas di Sungai Cisadane

Jika kita mengetik Cisadane di google sudah ribuan blog tersedia di sana, menawarkan berbagai informasi tentang sungai ini. semangat untuk menuliskan blog seperti ini kembali tergugah saat seorang kawan bertanya, sebetulnya siapa yg bertanggung-jawab atas sungai cisadane? atau sungai-sungai lain yg ada di jawa barat ini?

ooo jelas itu Kementrian Pekerjaan Umum yg bertanggung-jawab di sana. Ah ya tidak, tapi Dinas Kebersihan lah yg bertanggung-jawab untuk menanggulangi sampah. Namanya aja Dinas Kebersihan yah jelas tugasnya untuk bersih-bersih. Lho bukannya tugasnya Kementrian Lingkungan Hidup karena ini khan menyangkut soal lingkungan. Yah jelas BBWS (balai besar wilayah sungai, satu UPT di bawah kementrian PU) Ciliwung-Cisadane dong atau BPDAS Citarum-Ciliwung yg kantornya di Komplek Yasmin seberang Giant. UPT milik Kementrian PU ini memang khusus wilayah kerjanya di Sungai Cisadane. Lho kok BPDAS nya Citarum-Ciliwung yah yg BPDAS Cisadane dimana yah? Ah banyak sekali kelembagaan pemerintah yg ada yg ngurus nih sungai.

Sang teman malah tambah bingung. Padahal saya cuman mau tanya, kalau saya punya ide untuk mengembangkan ikan hias yg ada di Sungai Cisadane, saya bisa pergi kemana? Maaf kawan ternyata pertanyaan sederhana itu tidak punya jawaban yg sederhana.

1 komentar:

hari the blacket mengatakan...

yang jelas kalau kita saling tuding ngak akan ketemu siapa yang akanmengurusi Cisadane, kata pak tua lakukan yang bisa dilakukan tampa ada rasa menyalahkan.