Sabtu, 21 Mei 2011

Sungai Cianten, Kebutuhan dan Pemanfaatan Airnya

Sungai Cisadane memang tidak asing didengar sebagian besar masyarakat Jawa Barat. Namun di setiap daerah nama anak sungai ini berbeda namanya. Sebut saja Sungai Cianten yang mata air yg hulunya berasal dari Gunung Halimun Salak. Sungai Cianten melewati Desa Purasari, Desa Purasaeda, Desa Karyasari, dan Desa Karacak, semuanya berada di Kecamatan Leuwiliang.

Sungai Cianten ini dimanfaatkan untuk mengairi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Karacak. Bukan hanya itu Sungai Cianten pun dimanfaatkan untuk diambil pasir dan batunya bukan untuk skala besar hanya untuk skala kecil. Yaitu untuk membangun rumah penduduk setempat, pesantren dan fasilitas umum lainnya.

Seperti sungai yang lainnya di Jawa Barat, Sungai Cianten dimanfaatkan masyarakat bantaran sungai untuk mandi dan mencuci pakaian. terutama di daerah desa Puraseda dan Purasari yang daerah perumahan nya dekat dengan sungai dan landai tidak curam. Oleh karena itu masyarakat sekitarpun memanfaatkan sungai cianten untuk memelihara ikan dengan cara berkeramba yang terbuat dari bambu dan ada juga yang terbuat beton. Ini dilakukan untuk menambah pendapatan hidup masyarakat yg sebagian besar menjadi petani dan pedagang jasa.

Tidak ada komentar: